Angka Penting & Pengukuran

Untuk memuaskan rasa penasaran saya mengenai angka penting dan pengukuran, saya coba menanyakan kembali apa yang pernah saya tanyakan sebelumnya yakni apakah angka taksiran dalam pengukuran termasuk angka penting atau bukan? kali ini saya tanyakan kepada Pa Sardjito, salah satu guru senior, Koordinator Fisika SSC Bandung juga dosen di perguruan tinggi di Bandung.

Saat itu, di SSC (Sony Sugema College) Bandung, salah satu Bimbingan Belajar ternama, sedang ada kegiatan Rakernas II, saya bersama teman-teman fisika lainnya diminta untuk menjadi peserta rakernas khusus bidang studi fisika oleh koordinator fisika SSC Bandung, Pa Sardjito. Kesempatan yang sangat berharga bagi saya bisa mengikuti kegiatan tersebut. Bagaimana tidak, saya bisa berjumpa dengan para jago-jago fisika di seluruh Indonesia. Saya bisa belajar banyak dari mereka. Waw… luar biasa.

Ada beberapa pernyataan yang saya dapatkan dari beliau mengenai angka penting dan pengukuran. Dari jawaban-jawaban beliau, alhamdulillah cukup membuat saya lega, karena sebelumnya saya merasa berdosa setelah mengetahui penjelasan dari Mas Febdian bahwa angka taksiran bukan angka penting. Berikut beberapa pernyataan Pa Sarjito tentang angka penting dan pengukuran:

1. Angka penting adalah semua angka hasil dari pengukuran. terdiri dari angka pasti dan angka taksiran. (pernyataan ini berbeda dengan yang saya dapatkan dari Mas Febdian Rusydi).

2. Hasil pengukuran tunggal ditulis

x ± 1/2 nst

contoh: sebuah pensil diukur panjangnya dengan mistar yang memiliki nst=0,1 cm seperti gambar di bawah ini:

A
sumber gambar: diary.febdian.net

sesuai dengan aturan penulisan maka panjang pensil di tulis:

(2,05 ± 0,05) cm

angka 2 dan nol adalah angka pasti dan angka 5 sesudahnya adalah angka taksiran, bisa 1,2,3 dan 4 tergantung penglihatan si pengukur.  namanya juga taksiran. Semuanya adalah angka penting. berbeda dgn pernyataan mas febdian bahwa angka 5 adalah angka takpenting.

3. khusus untuk jangka sorong tidak memiliki angka taksiran, karena pada jangka sorong akan selalu ada skala yang tepat berimpit antara skala nonius dan skala utama. Penulisannya pun adalah

x ± skala nonius.

ingat: skala nonius bukan 1/2 nst.

4. Ilmu pengukuran sangat lazim jika berbeda pendapat, karena merupakan hasil konvensi dari beberapa orang bukan suatu kepastian seperti mis: Gerak Jatuh Bebas, dll. maka harus dituliskan menurut siapa jika kita menyampaikannya kepada orang lain.

Itulah mungkin pernyataan-pernyataan beliau yang dapat saya tuliskan disini. Tentunya pernyataan yang ke-4 ini yang sangat membuat saya lega. Perbedaan yang ada selama ini jangan sampai membuat perpecahan diantara para fisikawan. Jadikan sebagai khasanah keilmuan fisika yang sangat banyak. Jadikan sebagai pemicu untuk membuat kita semakin haus akan ilmu hingga mendapat keyakinan, ilmul yakin, ainul yakin dan haqqul yakin. (kok jadi ngawur nich..). by the way selamat menuntut ilmu.

2 Comments

Filed under Fisika

2 responses to “Angka Penting & Pengukuran

  1. Halo Bung Agus,

    Alhamdulillah tidak bingung lagi.

    Sebagai tambahan, setelah saya baca tulisan Bung Agus ini, tidak ada yang berbeda antara keterangan saya dan Pak Sardjito. Mungkin yang membuat bingung adalah pemakaian istilah “penting” dan “berarti”. Dalam bahasa Inggris, angka hasil pengukuran disebut sebagai “significant figure”. Significant figure itu memang terdiri dari angka yang diberikan oleh alat ukur plus minus taksiran (yang didapat dari 1/2 nst untuk pengukuran tunggal dan dari simpangan baku untuk pengukuran jamak).

    Ada baiknya Bung Agus punya satu buku pegangan fisika dasar untuk universitas berbahasa Inggris (hubungi saya untuk soft copynya).

    Kesalahan mungkin ada pada tulisan saya yang tidak jelas, atau pada ketidakkonsistenan saya memakai istilah. Mohon maaf dan saya senang sekali Bung Agus telah menemukan jawabannya.

    Ohya, mengenai gambar, dapat diunduh langsung dari http://diary.febdian.net/wp-content/uploads/2008/12/length_measurement.png — gratis kok :)

  2. Pingback: diary.febdian.net » Blog Archive » Angka Penting (rev.1)

Leave a Reply

