Bagi yang suka fisika

Ketika sedang asyik-asyiknya ngedesain blog ini, salah seorang guru fisika (teman saya) yang sudah siap masuk kelas, menanyakan sesuatu yang ada di naskah try out. Tentu saja soal fisika yang ada kunci tanpa pembahasannya. rupanya beliau hendak membahas soal try out di kelas nanti.

Ada 4 pertanyaan yang beliau ajukan:

1.Banyaknya vektor yang tidak sebidang yang menghasilkan resultan nol, paling sedikit adalah …

2. Seseorang berenang dengan laju konstan menyebrangi sungai yang lebarnya 100 m dan berarus konstan. Saat ia berenang tegak lurus arah arus, ia akan sampai di seberang 50 m ke arah hilir dari tempat semula. Agar ia dapat tepat sampai di seberang tempat semula, maka ia harus berenang dengan arah ke hulu membentuk sudut … dengan tepian sungai.

3. Sebuah keping persegi panjang yang panjangnya P dan lebarnya L serta massanya m, mula-mula tergeletak pada lantai datar dengan bagian panjang sejajar lantai. Usaha untuk mendirikan keping agar lebarnya sejajar lantai adalah …

4. (ibu gurunya keburu masuk kelas, belum sempat saya tulis)

Di dalam hati saya merasa mampu untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Namun, saya pikir butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. (ga bisa kaleee.. he..he..) dan itulah kebiasaan buruk saya. Saya suka menyimpan soal dan menyelesaikan sendirian.

Selagi saya mencari jawabannya di rumah nanti… saya postingkan soal -soal tersebut dengan harapan barangkali ada yang mau dan mampu membantu saya dan ibu guru teman saya tersebut. Siapa mau coba?

Leave a comment

Filed under Fisika

Leave a Reply

