On Time & In Time

Apa bedanya On Time dan In Time?

Beberapa minggu sebelumnya, tepatnya awal bulan januri saya diharuskan mengikuti diklat Public Relation (PR) yang diadakan perusahaan tempat saya bekerja. Walaupun saya bukan bagian PR, tapi saya tetap harus ikut karena ilmu PR sangat bermanfaat, sewaktu-waktu akan digunakan.

Banyak ilmu yangs saya peroleh mengenai PR, namun pada intinya PR adalah ilmu tentang pelayanan kita kepada konsumen kita. Di dalam tulisan ini, saya tidak akan banyak membahas mengenai ilmu PR nya, tapi saya akan berbagi mengenai apa yang sudah diucapkan oleh sang pemateri Drs. Wina Erwina (FIKOM UNPAD BDG).

Yang menarik adalah, dalam satu kesempatan, Bu Wina menyinggung tentang Jam Kerja Karyawan/Guru/siapapun juga yang terlibat dalam satu perusahaan/institusi.

Menurut beliau, ketika seorang yang bekerja datang ke tempat kerja dengan “On Time”, maka ia sudah tepat sebagai pekerja. Namun, akan lebih tepat kalau ia “In Time” di tempat kerja, katanya.

Apa bedanya? Kalau On Time, ia datang tepat pada waktunya, kalau In Time ia datang sekian menit sebelum waktunya. Seorang pekerja yang On Time, ia masih membutuhkan waktu sekian menit untuk menyiapkan kelengkapan kerjanya, misalnya: menyalakan komputer, membersihkan meja, kursi, mengecek spidol bagi guru, mengambil buku, dll. dan jelas ia telah mengambil sekian waktunya untuk persiapan tersebut.

Lain halnya dengan pekerja yang In Time. Ia datang ke tempat kerja sekian menit sebelum waktunya. sekian menit sebelum waktunya tersebut, ia gunakan untuk mempersiapkan semua kelengkapan kerjanya. sehingga pada saatnya bekerja ia sudah siap untuk bekerja. Begitu menurut beliau.

Mmmhh… dua kata yang mirip, namun syarat akan makna yang berbeda. In Time benar-benar menunjukkan kualitas kinerja seseorang.

Jadi, mau pilih mana? On Time atau In Time? terserah… dua-duanya baik yang buruk adalah telat, lebih buruk lagi tidak sama sekali.

Leave a comment

Filed under Catatan Harian, ilmu lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s