Koreksi Arah Arus Induksi di Hyperphysics

Tulisan ini saya maksudkan bagi siapapun para pemerhati fisika. Saya menemukan ada kesalahan pada salah satu web http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/HFrame.htm. Hal ini saya kira sangat penting, selain sebagai pembelajaran, juga Anda semua bisa mengoreksi saya jika ternyata saya yang salah. Sebelum langsung ke intinya, saya akan sedikit bercerita dulu🙂

Tadi pagi saya menyampaikan ggl induksi kepada siswa/i kelas XII di sekolah. ggl induksi muncul pada kumparan jika ada perubahan fluks magnetik yang melalui kumparan tersebut. Begitu menurut Faradays, ilmuwan inggris pada tahun 1831. Karena ada ggl induksi maka ada arus induksi yang muncul pada kumparan. Menurut Lenz, arah arus induksi sedemikian sehingga memunculkan medan magnet yang melawan perubahan fluks magnetik penyebab arus induksi pada kumparan.

Jadi, jika fluks magnetik semakin bertambah yang melalui kumparan maka arus induksi yang muncul arahnya sedemikian sehingga menimbulkan medan magnet yang mengurangi penambahan fluks tersebut.

Setelah selesai di kelas, saya coba evaluasi apa  yang sudah saya sampaikan di kelas dengan melihat referensi yang mudah untuk diakses. Tentu saja adalah internet yang tersedia di kelas-kelas dan di ruangan kerja saya. Saya buka http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/HFrame.html salah satu web yang memuat materi-materi fisika. Web ini merupakan web milik salah satu universitas ternama di dunia. Department of Physics and Astronomy Georgia State University Atlanta, Georgia. Sangat bermanfaat bagi siapapun para pecinta fisika.

Setelah saya masuk ke dalam webnya, ada kesalahan (menurut saya) yang sangat fundamental, mengenai Hukum Lenz. yaitu arah arus induksi.

fday Gambar di atas saya ambil langsung dari sumbernya. Kalau kita perhatikan gambar di atas sebelah kiri, walaupun tidak terlalu jelas, tapi untuk arah arusnya masih bisa terlihat, yaitu searah dengan arah perputaran jarum jam. Seharusnya menurut saya, arah arus induksi adalah searah jarum jam. Karena loop tersebut digerakkan ke kanan dan fluks bertambah pada loop. Hal ini berdasar hukum Lenz, bahwa arah arus induksi adalah sedemikian rupa sehingga menimbulkan medan magnet yang melawan perubahan fluks penyebab arus induksi tersebut. Pada kasus di atas , arah B induksi adalah tegak lurus menjauhi mata kita melawan pertambahan fluks aslinya yang arahnya tegak lurus mendekati mata kita.

Bagaiamana menurut Anda?

3 Comments

Filed under Fisika

3 responses to “Koreksi Arah Arus Induksi di Hyperphysics

  1. jadi apa kegunaan ggl dalam kehidupan sehari-hari ?
    tolong jawab langsung di email saya ya. klo bisa hari ini juga
    thanks…

  2. sany

    jadi arus induksi tuh apa?????

  3. asmaf

    emailnya udah di buka?

Leave a Reply

