Semangat Api dan Air

Semangat api dan semangat air

Semangat yang kita miliki, dalam menjalani berbagai hal dalam kehidupan ini, selalu dapat dikategorikan kedalam dua jenis semangat yakni semangat api  dan semangat air.


Semangat api. Api memiliki sifat mudah bereaksi (reaktif) dan cepat sekali membara. Namun, biasanya juga mudah lesu, mereda kemudian padam manakala bahan baku sudah habis. Selain itu, api tidak akan bisa menyala manakala tidak ada oksigen. Banyak sekali diantara kita yang memiliki semangat api. Terkadang, saking bersemangatnya, sering membuat kanan kirinya terbakar atau tidak nyaman. Tipe ini cenderung ingin menyelesaikan masalah secara cepat, secara instant, sehingga kurang memperhatikan kualitas dan kenyamanan dalam prosesnya. Kalau pun sukses, biasanya kanan kiri atau atau bawahannya terluka dan ikut terbakar.


Sebaliknya, semangat air adalah lambang dari semangat yang dipenuhi kelembutan, endurance (daya tahan) dan istiqamah. Ia akan terus berjalan dan tidak akan pernah berhenti mengalir hingga bertemu lautan luas. Hingga “bergabung” dengan Sang Maha Luas tak berhingga..

Seperti layaknya air, ia tenang, bertenaga kuat, dan mengalir jauh. Bila mengalami hambatan – misal batu menghadang –  ia menunggu temannya (bekerja teamwork) lalu sama-sama melewati hambatan tersebut. Namun, bila ia tidak bertemu teman-temannya, ia pun kuat bersabar hingga sinar matahari datang. Dengan sinar matahari, ia berubah menjadi uap dan bisa terbang tinggi untuk menjadi awan, cikal bakal air hujan. Ia rela kedinginan dan, dengan penuh kasih sayang,  ia rela tubuhnya terpecah menjadi butiran kecil untuk kemudian turun menjadi hujan yang menghidupkan dan menyuburkan bumi.


Semua makhluk sangat merindukan adanya air. Tanpa air rasanya tidak akan ada kehidupan. Tidakkah engkau liat bahwa tubuhmu 80% adalah air dan cairan. Bukankah kita selalu tergantung dengan air dari sejak bangun tidur hingga tidur kembali. Dari sejak kita di dalam kandungan hingga kelak dikubur di liang lahat. Gambaran keindahan Surga selalu dipersandingkan dengan sang air mengalir…


Marilah kita jadikan diri kita memiliki semangat air sehingga kalau pun kita sukses mencapai tujuan kehidupan kita, kita telah melakukannya dengan suasana penuh kesejukan, keridhaan dan keberkahan. insya Allah…


(from: Wahyu Is)

2 Comments

Filed under ilmu lain, Islam

2 responses to “Semangat Api dan Air

  1. ndien

    waa..hh kerrenn.. filosofis banget!!!
    aku suka..

    semangat!!!!

  2. semangat air juga bisa merugikan.. kalo air terlalu banyak bisa menghanyutkan kita… jadi lupa kemamouan manusia… semangat yg baik adalah balance (seimbang boss)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s