Kita (manusia) adalah makhluk terbaik

“Alhamdulillah.. aku bersyukur pada Mu ya Allah.. karena kini aku menyadari bahwa aku adalah makhluk Mu yang terbaik di muka bumi ini… Oleh karena itu, maka aku akan melakukan yang terbaik dalam kehidupanku dengan berfikir dan bersikap: 1 …, 2……, 3…..”

Itulah kira-kira ungkapan tulus penuh kesadaran dari ratusan peserta salah satu seminar terbaik waktu itu. Seminar yang sangat berkesan bagiku…

Yang ingin aku bicarakan disini adalah bukan jenis seminarnya apa, lokasinya dimana, biayanya berapa,dll., namun hasil dari seminar itu yang ingin aku bagi pada semua pembaca…

Selama ini mungkin ada diantara kita yang tidak menyadari bahwa kita adalah makhluk terbaik yang Allah ciptakan untuk kehidupan di dunia ini… Luar Biasa..!!! Untuk menjadi khalifah fil ardh… pengurus bumi… Waw…!!! Bukan  untuk ngurus diri, rumah tangga, kampung dan negara saja… tetapi muka bumi…sekali lagi Waw… Luar Biasa!!!. Jadi kalau kita hanya berfikir untuk diri sendiri, keluarga, kampung, dan negara saja… maka rugi…kita.. kita telah menyia-nyiakan kemampuan kita untuk mengurus dunia ini… Dan saya yakin Allah sebagai pencipta kita pasti kecewa… bagaimana tidak kecewa… Kita diperuntukkan untuk mengurus dunia.. ternyata kita tidak mampu memenuhi maksud penciptaan kita.

Katakanlah saya membuat 2 buah pulpen, pensil A dan pensil B. Pensil A saya buat biasa-biasa saja sedangkan Pensil B saya buat istimewa dengan maksud untuk menjadi pensil terbaik bagi saya. Karena dibuat istimewa, maka pensil B adalah pensil istimewa bagi saya, dan pasti akan saya gunakan untuk momen-momen terbaik dalam kehidupan tulis menulis  saya. Ketika pensil B ternyata tidak memberikan yang terbaik bagi saya, atau hasilnya sama saja dengan pensil A, maka saya sebagai pembuat yang punya maksud terhadap pensil B ini pasti akan kecewa.

Menurut saya, Allah pun sama, pasti kecewa ketika kita tidak mampu memberikan yang terbaik bagi pencipta kita… yaitu menjadi khalifah di muka bumi.

Dan akan sangat kecewa bahkan murka ketika ngurus negara, kampung, rumah bahkan ngurus diri saja tidak bisa. Jangankan ngurus dunia… ngurus dirinya sendiri aza tidak bisa… boro-boro berkontribusi bagi dunia… huh.

Maka, mulai sekarang mari kita yakinkan bersama-sama bahwa kita adalah makhluk terbaik yang Allah ciptakan dengan maksud terbaik pula… Khalifah fil ardh… Kitalah yang akan mengurus dunia ini… tentu saja mulai dari diri sendiri, lalu jangan cukup untuk diri sendiri… tingkatkan untuk keluarga dan jangan merasa cukup ketika keluarga kita bahagia… terus tingkatkan.. kita harus ngurus saudara-saudara kita, negeri kita… hingga akhirnya kitalah yang mengurus dunia ini… Amiin.

Leave a comment

Filed under Catatan Harian, ilmu lain, Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s