Berapa kali kamu boleh tidak hadir?

Assalamualaikum adik-adik…. saya pernah janji untuk memberitahu adik-adik berapa kali pertemuan adik-adik boleh tidak hadir di kelas saya. Berdasarkan aturan yang saya buat, adik-adik hanya boleh tidak hadir sebanyak 10% dari total pertemuan kelas saya. 10% itu untuk keperluan mendadak dan mendesak serta sakit.

Nah, setelah dibuat analisis jumlah minggu efektif. Total pertemuan kelas pada semester ganjil ini adalah 16 minggu. Dalam satu minggu, untuk kelas X ada 1 pertemuan sedangkan kelas XI ada 2 pertemuan. Jadi, kelas X boleh tidak hadir dari 10% (16×1) pertemuan, yakni 1,6 pertemuan. Sedangkan kelas XI, 10% daru (16×2) pertemuan, yakni 3,2 pertemuan.

Khusus angka-angka dalam masalah ini, tidak berlaku aturan pembulatan angka penting. Namun, berlaku pembulatan menurut aturan kepentingan (aturan yang saya buat :)) yakni 1,6 dibulatkan menjadi 1 dan 3,2 menjadi 3.

Kesimpulannya, Siswa kelas X boleh tidak hadir hanya 1 kali saja dan kelas XI hanya 3 kali saja.

Leave a comment

Filed under Fisika

Leave a Reply

