S2DLS

Alhamdulillah tahun ini SMA ALFA CENTAURI meluncurkan inovasi terbarunya, yakni S2DLS. Sony Sugema Digital Learning System. Sebuah perangkat lunak yang memuat materi pembelajaran dengan model yang beragam. Berupa video pembelajaran, teori singkat, ebook dari diknas, latihan soal, mp3, video motivasi, arsip soal dll.. Sangat lengkap mulai materi kelas X hingga kelas XII.

Dengan adanya S2DLS ini tentu harapannya adalah semua para pembelajar terutama siswa dapat terbantu dalam memahami isi materi, bahkan siswa bisa mempelajari materi yang belum disampaikan di kelas. Selain itu, dengan adanya S2DLS ini peran dan fungsi guru sebagai pendidik bisa dioptimalkan di kelas. Para guru tidak perlu merasa khawatir akan ketinggalan materi yang ada di kurikulum yang biasanya menjadi beban para guru.

Setelah mengamati beberapa fakta di lapangan, ternyata S2DLS ini belum mampu memberikan hasil yang diharapkan. Contohnya di kelas saya, fisika. Saya pernah menugaskan siswa kelas x untuk mempelajari vektor melalui S2DLS ini  sebelum tatap muka berlangsung. tentu ini “test case” pertama bagi saya. Harapan saya adalah ketika tatap muka berlangsung, saya bisa menjelaskan apa yang anak tanyakan yang memang belum mereka fahami melalui S2DLS. Sehingga, saya tidak melulu memberikan materi di kelas.

Namun, sayangnya dari 25 anak yang saya tugaskan, sekitar 20% anak yang membuka S2DLS. sisanya 80% tidak membuka S2DLS, alasanya macam-macam, ada yang bilang programnya tidak bisa dibuka (mungkin benar), ada yang bilang lupa, ada yang bilang belum sempat, dll…Nah yang membuka S2DLS sekitar 20% ternyata hampir 100%nya tidak memahami materi yang ada di S2DLS. dan mereka sepakat minta saya mengulangnya dari awal di kelas. Luar biasa… (namun saya tetap mengapresiasi yang membuka S2DLS walaupun belum faham).

Tes kasus yang kedua adalah saya menyengaja di kelas membuka S2DLS melalui proyektor. Waktu itu di kelas XI. Semua siswa saya minta memperhatikan penjelasan guru yang ada di video pembelajaran S2DLS. Saya sengaja mengamati siswa yang belajar di kelas ini melalu CCTV. Saya ingin tahu reaksi mereka. Ada yang tidur, ngobrol, jailin temannya,dll. ada juga yang memperhatikan, yaitu anak yang rajin. cukup memprihatinkan. Benar kata Pa Ahmad, belum mengatakan “jangankan pakai S2DLS, ketika ada gurunya saja di kelas yang jelas fisiknya terlihat, belum tentu anak memperhatikan, apalagi jika tidak ada”. Siswa ini pun sepakat minta dijelaskan ulang.

Ada lagi contoh kasus lain yang tidak saya sebutkan yang hasilnya mirip dengan kedua kasus di atas.

Dari hasil observasi tersebut, kesimpulan sementara saya adalah S2DLS sangat bermanfaat bagi mereka yang rajin, yang memiliki jiwa pembelajar dan haus ilmu. kebalikannya adalah apapun medianya, sarana bantu pembelajaran, atau metoda apapun tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi mereka yang tidak memiliki mental pembelajar dan malas.

4 Comments

Filed under Fisika

4 responses to “S2DLS

  1. Andhika A

    Kalo mo jadi distributor, apa bisa? Gmn caranya?

  2. Andhika A

    Kalo mo jadi distributor, apa bisa? Gmn caranya? Saya tinggal di Jatibening Dua, Bekasi. Tel saya 021-32578421 (Flexi)

  3. AsmaF

    Bisa… kami bisa kirim brosurnya…
    Sekarang yang terbaru ada versi 2…
    Tampilan lebih OK. isi lebih banyak dan komplit. Nanti kami hubungi detailnya…

  4. Ruddy C.Kojongian

    GIMANA CARANY DAPAT SOFTWARENYA? please email to rudy.ck54@gmail.com

Leave a Reply

