Momentum Impuls

Momentum didefinisikan sebagai hasil kali antara massa dengan kecepatan. Jadi setiap benda bergerak, maka dipastikan ia memiliki momentum. berikut hal-hal yang mempengaruhi momentum: inersia atau sifat kemalasan benda, massa, laju dan kecepatan. Jika jumlah gaya luar yang bekerja pada sistem nol, maka berlaku hukum kekekalan momentum. artinya momentum sistem selalu tetap. Namun sebaliknya, jika ada gaya luar yang bekerja pada sistem, maka momentum sistem berubah. gaya luar yang bekerja pada sistem tersebut dalam waktu tertentu dikenal dengan impuls dari luar.

Pada benda yang bertumbukkan, selalu dianggap tidak ada impuls luar yang bekerja pada sistem yang bertumbukkan. sehingga selalu berlaku hukum kekekalan momentum. walaupun begitu, impuls di dalam sistem tetap ada. misalkan bola A dan B bertumbukkan, maka pada saat tumbukkan, bola A memberikan impuls kepada bola B dan sebaliknya bola B kepada bola A. besarnya impuls A ke B sama dengan B ke A.

Jika energi kinetik sistem sebelum dan setelah tumbukkan sama maka tumbukkan seperti ini disebut dengan tumbukkan lenting sempurna (elastic). Namun, jika energi kinetik sistem setelah tumbukkan lebih kecil dari energi kinetik sistem sebelum bertumbukkan maka disebut tumbukan tidak lenting. pada tumbukkan tidak lenting, ada energi kinetik yang hilang atau berubah bentuk menjadi energi suara atau energi untuk merubah bentuk benda.

Demikian sekilas ringkasan yang sangat ringkas tentang momentum impuls. Untuk lebih memahaminya, silakan unduh soal ini di sini. kemudian kerjakan di buku tugas dengan cara: soal ini digunting lalu ditempel dan jawab kemudian berikan alasan kenapa menjawab itu. dikumpul ketika sesaat sebelum tes (ulangan). bagi yang tidak mengumpulkan, mohon maaf tidak bisa ulangan dan otomatis nilainya nol.

 

Leave a comment

Filed under Fisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s