Jawaban Pertanyaan Ibu Guru

Al-hamdulillah saat ini saya berkesempatan untuk menuliskan jawaban pertanyaan Ibu Guru Fisika (teman saya) di blog ini.

Kalau dihitung semenjak diajukan pertanyaan tersebut, yakni tanggal 02 Des 08 hingga saat ini jelas sangat lama sekali. 1 tahun lamanya. 2008 – 2009. Tapi, tidak masalah, walaupun sudah agak basi, tapi ilmu akan selalu berguna sepanjang kita memerlukannya.

Ada 4 pertanyaan yang beliau ajukan saat itu. 3 pertanyaannya sempat saya tulis dan satu lagi tidak sempat. Saya tuliskan jawabannya saja tanpa pembahasan, karena menulis pembahasan memerlukan waktu yang cukup lama. terutama kesabaran menulisnya. (maaf, saya khawatir tidak sabar :-))

1.Banyaknya vektor yang tidak sebidang yang menghasilkan resultan nol, paling sedikit adalah … jawabannya adalah 4 buah.

2. Seseorang berenang dengan laju konstan menyebrangi sungai yang lebarnya 100 m dan berarus konstan. Saat ia berenang tegak lurus arah arus, ia akan sampai di seberang 50 m ke arah hilir dari tempat semula. Agar ia dapat tepat sampai di seberang tempat semula, maka ia harus berenang dengan arah ke hulu membentuk sudut … dengan tepian sungai. jawabannya adalah θ = 180-104,5=75,5

mohon maaf, jawaban ini salah, saya tidak memahami maksud pembuat soal, yang  benar adalah θ = 60

3. Sebuah keping persegi panjang yang panjangnya P dan lebarnya L serta massanya m, mula-mula tergeletak pada lantai datar dengan bagian panjang sejajar lantai. Usaha untuk mendirikan keping agar lebarnya sejajar lantai adalah … jawabannya adalah W=mg(P-L)/2

Anda punya jawaban lain?

Leave a comment

Filed under Fisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s